Categories: Ziarah holyland

Sejarah Kota Nazareth Israel

Nazaret merupakan kota di bagian utara negara Israel. Kota Nazaret terletak di antara celah pegunungan Lebanon dan berbatasan langsung dengan beberapa negara Arab lainya. Lokasinya yang berbatasan dengan negara Arab membuat populasi di kota ini berisikan bangsa Arab-Israel yang mayoritas masyarakatnya beragama Muslim, Kristen, dan sebagian kecil beragama Yahudi. Sejarah kota Nazaret Israel dengan penduduknya yang mayoritas keturunan Arab-Israel menjadikan kota ini sering dijuluki sebagai “Ibu Kota Arab di Israel”.

Julukan tersebut diberikan karena penduduknya yang mayoritas merupakan bangsa Arab. Luas dari kota ini juga merupakan kota terbesar di negara Israel yang berpenduduk arab-israel. Maka dari itu julukan “Ibu Kota Arab di Israel” tersematkan pada kota ini.

Kota ini memiliki sejarah menarik, dimana kawasan kota tersebut terbagi menjadi dua bagian. Sejak 1974 Nazaret atas sebutan bagi kota yang diisi oleh bangsa Arab dengan mayoritas beragama Yahudi memutuskan berpisah dari Nazaret tua yang memiliki penduduk Arab dengan mayoritas beragama Muslim dan Kristen. Oleh karena itu, sampai sekarang kota Nazaret dikenal menjadi 2 bagian wilayah.

Selain sejarah terbaginya 2 wilayah, kota Nazaret memiliki nilai sejarah yang penting bagi umat kristen sejak masa lampau. Sejarah tersebut bahkan menjadikan kota ini sebagai pusat peziarahan umat Kristen saat ini selain Yerusalem dan Bethlehem. Lantas apa yang terjadi pada masa lampau di kota ini.

Berikut dibawah ini kami akan membahas sejarah Kota Nazaret, Israel.

Sejarah Kota Nazaret Israel

Nazaret merupakan salah satu kota purba di Israel yang merupakan kota di mana Yesus Kristus sang juru selamat umat kristen di besarkan. Meski Bethlehem lebih terkenal sebagai kota kelahiran Yesus Kristus. Namun umat Kristen meyakini sejak usianya 2 tahun beliau sudah menetap dan tumbuh besar di kota Nazaret. Sebelumnya kota Nazaret tidak pernah tercantum di seluruh Alkitab perjanjian lama manapun. Namun para arkeolog menemukan bukti bahwa kota ini memiliki jejak kehidupan yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke 10 sebelum masehi. Setelah itu disebutkan pada perjanjian baru Yesus sebagai orang Nazaret (Mat;2:3).

Menurut Perjanjian Baru

Dalam perjanjian baru, Nazaret dikenal sebagai kota kediaman Bunda Maria pada saat perawan yang dibahas pada Alkitab (Lukas 1 :26-38). Selanjutnya kota ini disebut sebagai tempat Yesus tinggal dan tumbuh dewasa selama kurang lebih tiga puluh tahun. Hal ini terjadi untuk menggenapi ramalan para nabi yang mengatakan bahwa “Ia akan disebut orang Nazaret” (Mat 2:32). Di tempat ini pulalah Yesus “bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya” (Lukas 2: 40). Ia hidup dalam kesederhanaan dan taat kepada orangtuanya (Lukas 2: 51). Ia membantu Yosef, ayahnya sebagai seorang tukang kayu (Mat 3: 55), hingga ia meninggalkan Nazaret menuju Kapernaum untuk memulai tugas misionernya (Luk 4: 31).

Dengan demikian yang tercantum pada perjanjian lama, para penginjil berulang kali menyebutkan Nazaret sebagai kota dimana Yesus Kristus di besarkan. Bahkan ditegaskan dalam Kitab Suci Perjanjian Baru, nama kota Nazaret bahkan telah menjadi bagian dari nama Yesus. Keempat Injil dan Kisah para rasul menyatukan nama Yesus dengan kota ini: “Yesus dari Nazaret.” Bahkan untuk menguatkannya pengikut Yesus Kristus juga sering disebut dengan nama kota ini, “Orang Nasrani.” (Kis. 24: 5).

Kebenaran Yesus orang Nazaret menurut bangsa Arab

Nama kota Nazaret yang dalam bahasa Arab adalah an-Nasira. Orang Arab juga memberikan julukan kepada Yesus sebagai an-Nasiri, hal ini berdasarkan tradisi bangsa Arab yang sering memberi julukan menurut dari mana seorang tokoh terkemuka itu berasal. Dalam Qur’an, orang Kristen dirujuk sebagai naṣārā, artinya “para pengikut an-Nāṣirī”, atau “mereka yang mengikuti Yesus orang Nazaret”.

Dengan julukan an-Nasiri oleh orang Arab kepada Yesus yang terdengar sama dengan an-Nasira sebutan kota Nazaret berdasarkan bahasa Arab. Menguatkan bahwa Yesus benar pernah menetap dan dewasa di kota Nazaret.

Nah itu dia sejarah mengapa kota Nazaret di Israel ini menjadi pusat peziarahan umat Kristen. Tak hanya dipercayai sebagai kota dibesarkannya Yesus, di kota ini terdapat banyak gereja bersejarah. Bahkan salah satunya merupakan gereja Katolik terbesar di timur tengah yaitu gereja Basilika Anunsiasi.

Tidak hanya menjadi pusat peziarahan, kota ini juga menjadi destinasi wisata yang sangat menarik bagi Anda para traveler. Karena kota ini memiliki keindahan di segala penjuru kota dengan bengunan-bangunan yang memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Sebagai tempat bersejarah dan merupakan salah satu pusat ziarah umat Kristen, kota Nazaret memiliki terdapat tempat bersejarah yang wajib dikunjungi Anda sebagai umat Kristus atau sekedar menikmati keindahan dari bukti sejarah masa lampau. Bagi Anda yang penasaran, HH Tour and Travel dapat membatun Anda mengunjunginya kota Nazaret di Israel. HH Tour and Travel juga menyediakan beberapa paket perjalanan seperti yang tertera pada tabel di bawah ini.

Nama Paket Tour ItineraryDetail
The Blessing Journey to Holyland12 HariBaca selengkapnya
Turki the 7 Churches of revelation10 HariBaca selengkapnya
The Prophetic Pilgrimage12 HariBaca selengkapnya
Retreat Couple Casa Loma Holylan11 HariBaca selengkapnya
Unforgettable Holyland12 HariBaca selengkapnya

Mengunjungi tempat bersejarah khususnya yang berkaitan dengan tempat suci memang memberikan banyak pengajaran dan kepada kita pribadi. Nah jika Sobat HH Tour and Travel penasaran semua dengan detail paket kami. Silakan kunjungi halaman di bawah ini.

Paket holyland tour

HH Tour and Travel

Jadi banyak bangsa dan suku-suku bangsa yang kuat akan datang mencari TUHAN semesta alam di Yerusalem dan melunakkan hati TUHAN.

Recent Posts

Tempat Wisata Wajib Dikunjungi Saat di Turki

Keindahan Turki menjadikannya sebagai salah satu negara yang ramai dikunjungi wisatawan mancanegara. Banyak sekali tempat-tempat…

2 days ago

Negara yang Sudah buka untuk liburan

Setelah sekian lama beberapa negara menutup diri untuk wisatawan karena pandemi Covid-19. Kini, seiring dengan…

6 days ago

Sejarah Piramida Giza

Piramida merupakan sebuah konstruksi bangunan yang sudah ada sejak dahulu kala pada abad sebelum masehi.…

2 weeks ago

Danau Galilea Dan MukjizatNya

Danau Galilea dan Mukjizat Tuhan Yesus, merupakan sebuah danau yang terletak di Israel sebelah utara,…

2 weeks ago

Sejarah Bukit Golgota, Tempat Dimana Yesus Disalib

Sejarah Bukit Golgota memiliki perjalanan yang cukup panjang dan penting bagi peradaban manusia khususnya untuk…

3 weeks ago

Gereja Simon The Tanner

Gereja Simon The Tanner atau lebih dikenal dengan nama Gereja Sampah. Penamaan Gereja Sampah sendiri…

1 month ago

This website uses cookies.