Categories: Berita

Sejarah Kota Arab Israel (Kafr Kanna) dan Mujizat Wedding Wine

Ada satu kota yang wajib Anda kunjungi d Israel apalagi jika Anda pergi dengan pasangan. Kota itu adalah Kafr Kanna, tempat ziarah yang satu ini terbilang sangat unik. Tempat ini juga dipercaya sebagai tempat pertama Yesus melakukan mujizatnya. Yaitu gereja Kana yang ada di Kafr Kanna. Selain itu, kota ini juga punya sebutan lain, karena sejarah kota Arab Israel.

Sejarah Arab Israel Kafr Kanna

Kafr Kanna adalah kota Arab Israel di bagian utara wilayah Israel dan berbatasan dengan Lebanon bagian selatan. Kota kecil ini masih masuk dalam wilayah Galilea karena letaknya juga yang tidak jauh dari danau Tiberias atau juga Laut Galilea. Sebutan sebagai kota Arab Israel sendiri adalah karena didominasi oleh keturunan Arab, 80% penduduknya menganut Islam dan sisanya adalah penganut Kristen. Itulah kenapa kota ini juga disebut sejarah kota Arab Israel.

Di kota Kafr Kannalah, Yesus untuk pertama kalinya membuat mujizat atas permintaan ibu-Nya. Mujizat itu memang dikenal sebagai “mujizat pertama” ketika Yesus mengubah air menjadi anggur dalam suatu pesta pernikahan di Kana.

Hal itu seperti yang tertulis dalam Alkitab (Yohanes 2:1-11). Dikisahkan pada saat itu Yesus dan sang ibu memenuhi sebuah undangan pernikahan yang ada di Kana, Galilea.

Mujizat Wedding Wine Gereja Kana

Gereja ini diperingati sebagai tempat Yesus melakukan mujizatnya untuk pertama kali. Dengan mengubah air menjadi anggur.

Dikisahkan, saat Yesus dan Ibu-Nya menghadiri sebuah pernikahan, dan saat perayaan ternyata anggur habis. Sang ibu pun mendekati Yesus dan berkata “Tidak ada lagi anggur.” Yesus menjawab: “Mengapa kamu melibatkan saya? Waktu saya belum tiba. “Maria kemudian memberitahu para pelayan di pesta pernikahan untuk melakukan apapun yang Yesus perintahkan. Yesus memerintahkan para pelayan untuk mengisi enam kendi batu dengan air. Kemudian menyuruh mereka untuk menuangkan dari salah satu toples untuk mengisi cangkir master jamuan makan. Setelah mencicipi, pemilik perjamuan menyatakannya sebagai anggur berkualitas tinggi (Yohanes 2: 1-11).

Tapi, ada 2 lokasi lagi di wilayah Galilea dan satu lokasi di Lebanon Selatan yang juga dianggap mungkin sebagai lokasi yang disebut Kana dalam kisah mujizat pertama tersebut. Lokasi di wilayah Galilea tersebut antara lain Kana-el-Jalil atau Khirbet Qana (lokasi ini tidak terlalu jauh dari Kafr Kanna) dan satu lagi Ain Kana (yang lokasinya lebih dekat ke Nazareth). Sementara itu, di Lebanon bagian selatan ada desa yang bernama desa Qana.

Kemungkinan kedua lokasi yang disebut sebagai Kana itu karena adanya perubahan geopolitik yang terjadi berabad-abad di wilayah utara Israel. Tapi, Kafr Kanna yang memiliki klaim paling kuat sebagai lokasi tradisional tempat peristiwa mujizat pertama itu terjadi.

Situs Arkeolog Gereja Kana

Tahukah Anda? Lokasi gereja Kana juga merupakan situs arkeologis yang punya nilai luar biasa. Hal ini karena peninggalan sejarahnya, terdapat juga beberapa situs bangunan dari masa yang berbeda. Selain kapel Fransiskan (tahun 1880), reruntuhan bangunan dari abad ke-14, makam dari masa Byzantine abad ke-5 hingga ke-6, reruntuhan sinagoga Yahudi dari abad ke-4 hingga ke-5, serta lapisan bekas kediaman/rumah pribadi dari abad pertama hingga ke-4 masehi.

Temuan arkeologis dari berbagai waktu yang berbeda inilah yang menunjukkan bahwa lokasi gereja Kana merupakan situs sejarah yang penting,  yang dapat ditelusuri keberadaannya hingga abad pertama. Itulah sebabnya, lokasi ini sampai sekarang memegang klaim paling kuat sebagai lokasi tradisional tempat peristiwa mujizat air diubah menjadi anggur.

Para peziarah paket Holyland tour Israel yang mengunjungi gereja Kana dengan pasangannya dapat melakukan pembaharuan janji pernikahan. Ini menjadi momen yang sangat romantis dan sakral.

Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi kota Kafr Kanna dan memperbarui janji pernikahan di gereja Kana? Kami mengajak Anda untuk bergabung dalam Journey to Holyland tour kami. Tidak hanya mengunjungi Kana, kita juga akan mengunjungi beberapa spot terbaik untuk napak tilas perjalanan Yesus. Jadikan kesempatan ini untuk memperkokoh pernikahan Anda!  

Bagaimana Cara Melakukan Pendaftaran?

Anda dapat melakukan pendaftaran pada paket tur kami melalui WhatApps kami yang sudah tersedia di halaman website, atau juga melalui booking online di website.

Bagaimana untuk Visa ziarah?

Untuk Visa, akan ditangani oleh tim HH Tour & Travel. maka saat pendaftaran Anda wajib untuk mengisi formulir pendaftaran untuk kelengkapan VISA dan administrasi lainnya.

HH Tour and Travel

Jadi banyak bangsa dan suku-suku bangsa yang kuat akan datang mencari TUHAN semesta alam di Yerusalem dan melunakkan hati TUHAN.

View Comments

Share
Published by
HH Tour and Travel

Recent Posts

Tempat Wisata Wajib Dikunjungi Saat di Turki

Keindahan Turki menjadikannya sebagai salah satu negara yang ramai dikunjungi wisatawan mancanegara. Banyak sekali tempat-tempat…

1 week ago

Negara yang Sudah buka untuk liburan

Setelah sekian lama beberapa negara menutup diri untuk wisatawan karena pandemi Covid-19. Kini, seiring dengan…

2 weeks ago

Sejarah Piramida Giza

Piramida merupakan sebuah konstruksi bangunan yang sudah ada sejak dahulu kala pada abad sebelum masehi.…

2 weeks ago

Danau Galilea Dan MukjizatNya

Danau Galilea dan Mukjizat Tuhan Yesus, merupakan sebuah danau yang terletak di Israel sebelah utara,…

3 weeks ago

Sejarah Bukit Golgota, Tempat Dimana Yesus Disalib

Sejarah Bukit Golgota memiliki perjalanan yang cukup panjang dan penting bagi peradaban manusia khususnya untuk…

4 weeks ago

Sejarah Kota Nazareth Israel

Nazaret merupakan kota di bagian utara negara Israel. Kota Nazaret terletak di antara celah pegunungan…

4 weeks ago

This website uses cookies.