Categories: Perjalanan Liburan

Pengertian Paspor Dan Fungsinya

Berlibur ke luar negeri memang sudah pasti menjadi impian bagi banyak orang di Indonesia. Berlibur ke luar negeri tentu membutuhkan persiapan yang matang, seperti biaya, barang-barang dan masih banyak lainnya. Tapi itu saja tidak cukup untuk Anda dapat melakukan liburan ke luar negri, satu hal lagi yang penting untuk Anda persiapkan adalah menyiapkan paspor.

Paspor mungkin masih menjadi hal yang asing di telinga masyarakat umum di Indonesia. Hal ini dikarenakan tidak semua masyarakat Indonesia diwajibkan memiliki paspor. Tapi bagi Anda yang akan melakukan perjalanan ke luar negri, baik perjalanan wisata atau perjalanan pekerjaan pasti memerlukan sebuah paspor. Tanpa adanya paspor, petugas imigrasi negara yang Anda tuju tidak akan pernah memberikan izin kepada Anda untuk memasuki kawasan negaranya. Bukan hanya tidak diizinkan masuk ke suatu kawasan negara lain, tanpa memiliki paspor kita akan di deportasi ke negara asal.

Sebegitu pentingnya sebuah paspor membuat anda mungkin bertanya-tanya, sebenarnya apa pengertian paspor sendiri dan apa fungsi dari paspor. Nah di bawah ini kami rangkum pengertian paspor dan fungsinya khusus untuk Anda.

Pengertian Paspor Dan Fungsinya

Pengertian Paspor

Paspor merupakan salah satu dokumen resmi yang diperlukan oleh seseorang dalam melakukan perjalanan ke suatu negara asing, baik perjalan liburan atau perjalanan bisnis. Sebelum memasuki dan berkeliling di suatu negara asing, Anda perlu menunjukan paspor Anda kepada petugas imigrasi masing negara di perbatasan negara tersebut atau di bandara internasionalnya.

Paspor sendiri dikeluarkan secara resmi oleh masing-masing negara yang memuat identitas kewarganegaraan pemegangnya. Meski digunakan sebagai identitas kewarganegaraan, namun paspor tidak bisa dijadikan identitas kependudukan kewarganegaraan seseorang. Paspor hanya digunakan bilamana seorang warga negara melakukan perjalanan antar negara.

Bagi seseorang yang hendak melakukan perjalanan antar negara, wajib bagi mereka memiliki sebuah paspor. Anda dapat membuat paspor ke lembaga pemerintahan yang berwewenang mengatur tentang ke imigrasian pada suatu negara. Untuk warga negara Indonesia Anda dapat membuat paspor langsung ke Direktorat Jenderal Keimigrasian atau melalui jasa pembuat paspor. Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi lebih lanjut mengenai pengurusan paspor atau visa dapat mengunjungi Jasa pembuatan visa dan paspor.

Fungsi Paspor

Paspor memiliki fungsi sebagai identitas kewarganegaraan bagi seseorang. Paspor biasanya diperlukan untuk perjalanan internasional karena harus ditunjukkan ketika memasuki perbatasan suatu negara, walaupun di negara tertentu ada beberapa perjanjian di mana warga suatu negara tertentu dapat memasuki negara lain dengan dokumen selain paspor. Namun di Indonesia memiliki 3 paspor yang berbeda fungsi tergantung pada jenisnya, seperti pada jenis-jenis paspor di bawah ini.

1. Fungsi paspor biasa

Paspor biasa ini merupakan paspor Negara Indonesia yang diberikan kepada warga negara Indonesia. Warna pada paspor ini sendiri berwarna hijau. Paspor ini hanya berfungsi sebagai surat perjalanan resmi Negara Indonesia untuk liburan ke luar negeri, baik saat perjalanan berangkat maupun pulang kembali ke tanah air.

2. Fungsi paspor diplomatik

Paspor yang kedua yakni, paspor diplomatik. Jenis paspor ini biasanya digunakan oleh pegawai pemerintahan seperti PNS, Anggota TNI / Polri, atau anggota DPR, DPD, dan sebagainya. Paspor ini digunakan dalam rangka perjalanan dinas ke luar negeri yang bersifat diplomatik. Warna paspor dinas ini sendiri memiliki warna hitam.

3. Fungsi paspor dinas

Jenis paspor yang terakhir yaitu paspor dinas. Paspor dinas sendiri dikeluarkan oleh Negara Indonesia hanya untuk pegawai pemerintahan yang melakukan tugas negara ke luar negeri dalam rangka penempatan atau perjalanan dinas yang tidak bersifat diplomatik. Warna dari paspor dinas ini juga berbeda dengan paspor biasa pada umumnya, paspor dinas ini berwarna biru.

Nah itu dia penjelasan ringkas mengenai paspor dan fungsinya. Jika Anda ingin melakukan perjalanan ke luar negeri tentunya Anda harus memiliki sebuah paspor. Dan pastikan anda tidak salah dalam membuat paspor, seperti penjelasan di atas.

HH Tour and Travel

Jadi banyak bangsa dan suku-suku bangsa yang kuat akan datang mencari TUHAN semesta alam di Yerusalem dan melunakkan hati TUHAN.

Recent Posts

5 Langkah Agar Perjalanan Bisnis Efektif untuk Pemula

Sebuah perjalanan tentu harus dilakukan dengan rencana yang matang. Tidak terkecuali perjalanan bisnis. Mulai dari…

2 days ago

Keuntungan Menggunakan Jasa Corporate Travel untuk Bisnis Trip

Melakukan perjalanan bisnis tentu punya target dan tujuan yang hendak dicapai. Tuntutan target ini yang…

4 weeks ago

Paspor Hilang Saat Di Luar Negeri? Coba Lakukan Ini

Paspor menjadi salah satu dokumen wajib ketika kita melakukan perjalanan ke luar negeri. Dokumen inilah…

2 months ago

Apa itu Staycation dan Tips Memilih Hotel untuk Staycation

Staycation setahun belakangan ini semakin menjadi pilihan banyak orang yang ingin menghilangankan kepenatan dan juga…

3 months ago

Makanan Tradisional Korea yang Wajib Anda Dicicipi

Korea menjadi salah satu negara impian banyak orang untuk berlibur. Pasti Anda juga inginkan? Merasakan…

3 months ago

Rekomendasi Liburan Akhir Tahun

Hallo Sobat HH Tour. Liburan akhir tahun apakah sudah punya rencana? Jika ingin berpergian keluar…

4 months ago

This website uses cookies.