Categories: Ziarah holyland

Melihat Jejak Yesus di Holyland

Tanah Perjanjian, Holyland, nama itu menggema di hati umat Kristen, bisa mengunjunginya adalah suatu impian. Sejarah kota ini terikat oleh kebesaran Tuhan. Di sanalah Tuhan mengutus Abraham untuk pergi. Tanah ini juga yang menjadi tujuan akhir umat Israel di bawah pimpinan Musa setelah keluar dari Mesir. Di Tanah ini, penuh dengan jejak Yesus di Holyland yang penting bagi umat Kristen,

Tanah ini menjadi saksi kelahiran dari Sang Juru Selamat, Yesus Kristus, karya-karyaNya yang ajaib, kematianNya, kebangkitanNya dan kenaikanNya ke Surga.

Tuhan menjaga dan memelihara Holyland dengan caranya yang luar biasa, sudah bukan rahasia lagi kalau banyak perang yang terjadi di sana, bahkan sampai ada yang ingin menghancurkan Tanah ini. Tapi, sampai saat ini, Holyland tetap ada dan lokasi-lokasi bersejarah peninggalan Yesus pun masih terjaga dengan baik.

Tentang Israel

Holyland atau yang juga disebut The Promise Land (Tanah Perjanjian) merupakan sebutan yang identik dengan Israel. Negara kecil ini terletak di Timur Tengah  yang letaknya dikelilingi oleh Laut Tengah di Barat, Lebanon dan Suriah di Utara, Yordania di Timur sampai dengan Selatan dan Gurun Sinai (Wilayah Mesir) di Selatan.

Kita mengenal Israel sebagai satu-satunya negara Yahudi di dunia, tetapi selain etnis Yahudi, di Israel juga terdapat etnis lainnya, seperti etnis arab, serta berbagai kelompok keagamaan lainnya, seperti Kristen, Muslim, Druze, Samaria, dan lain sebagainya.

Berdasarkan sejarah yang dicatat oleh arkeologi, Holyland dikuasai pada awal tahun 9000 SM oleh sebuah komunitas tertua di dunia. Tapi secara tertulis, sejarah Holyland baru dimulai ketika Abraham tiba dari Kanaan dari Ur di Mesopotamia, sekitar tahun 1950 SM (Kejadian 12 & 13).

Jejak Yesus di Yerusalem

Di negara Israel, menurut Injil, jejak Yesus di Holyland melakukan mukjizat-mukjizatnya dan di negeri inilah ia memberikan khotbah-khotbahnya yang terkenal. Di tanah Israel yang diberkati inilah Yesus wafat juga.

Menurut ajaran dalam Alkitab, Yesus tiba di kota Yerusalem tidak lama setelah kelahirannya dan dibesarkan di sini. Maka tidak heran jika di Yerusalem terdapat banyak situs suci bagi umat Kristen, yang menjadikannya, Yerusalem menjadi tempat beberapa situs paling suci di dunia Kristen, menjadikannya tujuan utama bagi siapa pun yang sedang melakukan tur ke Holyland.

Yerusalem menjadi lokasi dari Cenacle, di mana itu adalah tempat terakhir Yesus menggelar Perjamuan Terakhir. Letak The Canacle berada di Gunung Sion di luar Kota Tua Yerusalem. Selain aula Perjamuan Terakhir, Gunung Sion adalah rumah bagi Biara Dormition, sebuah gereja yang didirikan oleh konfederasi Katolik Roma yang dikenal sebagai Benediktus. Biara ini menarik ratusan pengunjung setiap tahun.

Lebih penting lagi, Yerusalem adalah lokasi Golgota, situs bersejarah penyaliban Kristus. Golgota terletak di tanah Gereja Makam Suci, tempat wafat Kristus dan tempat di mana ia dikatakan dimakamkan. Kompleks, Golgota dan Gereja Makam Suci, adalah salah satu situs paling sakral agama Kristen, yang menarik banyak peziarah Kristen.

Selengkapnya : Sejarah Bukit Golgota

Jejak Yesus di Nazaret

Kota Nazaret berada di bagian utara Israel. di Galilea, diperkirakan memiliki populasi Arab terbesar di Israel. Nazaret merupakan kota penting bagi sejarah Kristen. Menurut sumber-sumber Alkitab, Nazareth adalah rumah masa kecil Yesus Kristus. Joseph dan Mary dikatakan  tinggal di Nazareth, dan di sinilah toko pertukangan Joseph berada.

Dan saat ini, lokasi yang menjadi tempat bengkel Joseph, adalah lokasi dari Gereja St. Joseph.

Salah satu situs penting di Nazaret adalah Gereja Kabar Suka Cita atau Annunciation, yang dipercaya menjadi tempat malaikat Gabriel muncul di hadapan Maria untuk memberi tahu dia bahwa dia akan melahirkan Yesus; anak Tuhan. Gereja Kabar Suka Cita juga menjadi gereja terbesar di Timur Tengah.

Situs penting lainnya termasuk Gereja Mensa Christi, di mana Yesus dikatakan telah makan malam bersama para Rasul setelah kebangkitannya, Gereja Sinagog dan Basilika Jesus the Adolescent.

Jejak Yesus di Betlehem

Meskipun tidak secara resmi di bawah pemerintahan Israel, kota Bethlehem secara historis merupakan bagian dari Tanah Suci dan memiliki ciri menonjol dalam sejarah Israel.

Gereja Nativity atau gereja Kelahiran, yang terletak di pusat Betlehem adalah tempat, menurut tradisi Kristen, tempat Yesus Kristus dilahirkan.  Gereja Kelahiran dianggap sebagai gereja tertua di dunia, dan merupakan tujuan utama untuk perjalanan Kristen.

Membaca tentang jejak yesus di Holyland tentu sangat membangkitkan keinginan dan kerinduan kita untuk bisa berkunjung ke Holyland. Percayalah, bahwa kunjungan Anda ke Holyland Israel adalah kunjungan yang paling berharga dan mengesankan dalam hidup Anda.

Jika Anda tertarik untuk melakukan perjalanan ke Holyland, jangan ragu untuk bergabung dengan paket Holyland tour Israel dari kami, HH Tour & Travel. Kami punya beragam pilihan paket dengan pembimbing rohani yang profesional.

HH Tour and Travel

Jadi banyak bangsa dan suku-suku bangsa yang kuat akan datang mencari TUHAN semesta alam di Yerusalem dan melunakkan hati TUHAN.

Recent Posts

Tempat Wisata Wajib Dikunjungi Saat di Turki

Keindahan Turki menjadikannya sebagai salah satu negara yang ramai dikunjungi wisatawan mancanegara. Banyak sekali tempat-tempat…

1 week ago

Negara yang Sudah buka untuk liburan

Setelah sekian lama beberapa negara menutup diri untuk wisatawan karena pandemi Covid-19. Kini, seiring dengan…

2 weeks ago

Sejarah Piramida Giza

Piramida merupakan sebuah konstruksi bangunan yang sudah ada sejak dahulu kala pada abad sebelum masehi.…

2 weeks ago

Danau Galilea Dan MukjizatNya

Danau Galilea dan Mukjizat Tuhan Yesus, merupakan sebuah danau yang terletak di Israel sebelah utara,…

3 weeks ago

Sejarah Bukit Golgota, Tempat Dimana Yesus Disalib

Sejarah Bukit Golgota memiliki perjalanan yang cukup panjang dan penting bagi peradaban manusia khususnya untuk…

4 weeks ago

Sejarah Kota Nazareth Israel

Nazaret merupakan kota di bagian utara negara Israel. Kota Nazaret terletak di antara celah pegunungan…

4 weeks ago

This website uses cookies.