Categories: Perjalanan Liburan

Tempat Wisata Wajib Dikunjungi Saat di Turki

Keindahan Turki menjadikannya sebagai salah satu negara yang ramai dikunjungi wisatawan mancanegara. Banyak sekali tempat-tempat menarik yang tidak bisa kita temui di tempat lain. Tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Turki akan membuat Anda terkesan. Wisata di Turki menggabungkan keindahan alam dengan budaya dan sejarah yang kental, seperti apakah itu?

Sekilas Tentang Turki

Turki merupakan sebuah negara yang menandai batas antara benua Asia dan benua Eropa. Secara geografis wilayah Turki berada di kedua benua ini dengan 95% berada di Asia dan 5% lainnya berada di Eropa. Letak wilayah Turki berada di Asia bagian barat atau yang sering kita sebut dengan Timur Tengah dan Eropa Tenggara. Dengan wilayahnya tersebut menjadikan Turki sebagai negara transkontinental yang merupakan negara lintas benua.

Dikarenakan wilayahnya yang transkontinental, Turki memiliki beragam kebudayaan antara Asia dan Eropa. Dengan keberagaman tersebut menjadikan Turki sebagai salah satu negara yang ramai dikunjungi wisatawan. Masyarakat Turki sendiri mayoritas merupakan bangsa Turk yang melakukan migrasi sejak abad 11 ke wilayah Turki. Migrasi ini merupakan bentuk kemenangan kerajaan-kerajaan sekitar seperti kerajaan Seljuk atas Bizantium di bawah kekaisaran Romawi yang menguasai tanah Turki.

Kemudian sejak abad ke-13 Kesultanan Ottoman yang merupakan kerajaan islam mulai mengambil alih sepenuhnya wilayah konstantinopel yang dikenal Istanbul saat ini dan menyatukan kekuasaanya dengan wilayah Anatolia. Bahkan pada era keemasannya, kesultanan Ottoman merambah kekuasaannya hingga Eropa Tenggara, Asia Barat, sampai Afrika Utara.

Tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Turki

Turki sendiri dikenal dengan tempat wisata yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Hal ini disebabkan karena pada masa lalu, turki merupakan daerah yang diperebutkan oleh banyak kerajaan seperti Romawi hingga bangsa Arab. Dalam catatan sejarah, kerajaan terakhir yang menguasai Turki yakni kesultanan Ottoman yang merebutnya dari kekaisaran Bizantium. Kekuasaan Ottoman yang mendominasi selama hampir enam abad harus runtuh ketika kalah pada perang dunia ke-1.

Kemudian pada tahun 1923 seorang perwira militer dan negarawan Turki bernama Mustafa Kemal Ataturk berhasil memimpin gerakan dan mecetuskan Turki modern. Dengan perjalanan sejarahnya yang begitu panjang, tidak heran Turki memiliki wisata sangat di gandrungi wisatawan. Nah berikut beberapa tempat wisata wajib dikunjungi saat di Turki.

1. Hagia Sophia, saksi bisu indahnya keberagaman

Tempat wisata yang pertama adalah Hagia Sophia yang merupakan saksi bisu dari indahnya keberagaman antar agama. Hagia Sophia yang berada di kota Istanbul ini sejatinya merupakan gereja katedral yang sudah berfungsi sejak tahun 532 M. Setelah berabad – abad lamanya pada 1453 M dengan ditandai penaklukan Konstantinopel oleh pasukan Ustmani, mengalih fungsikan bangunan Hagia Sophia digunakan sebagai masjid.

Meski terjadi alih fungsi dari gereja katedral menjadi masjid, tidak menghilangkan pengaruh kristen pada bangunan ini. Hal ini ditandai dengan lukisan Yesus Kristus yang berdampingan dengan kaligrafi berlafadzkan Allah Swt. Ditambah dengan kebijakan Sultan Mehmed I sang pemimpin penaklukan Konstantinopel yang memberikan kebijakan dengan memperbolehkan para pemeluk agama kristen tetap tinggal di Konstantinopel dengan bebas dan nyaman. Berdasarkan peristiwa tersebut yang terjadi tepat di pintu Hagia Sophia, menjadikan bangunan ini menjadi saksi bisu dari indahnya keberagaman.

Namun dibawah pemerintahan Kemal Ataturk  setelah revolusi Turki, Hagia Sophia kembali mengalami alih fungsi namun tidak sebagai tempat ibadah tapi sebagai museum dan ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada 1985. Tak terhenti sampai disini, jalan panjang Hagia Sophia kembali memutar. Setelah puluhan tahun digunakan sebagai museum, di bawah pemerintahan Erdogan yang saat ini memimpin Turki kembali mengalih fungsikan Hagia Sophia sebagai masjid. Meski mengalami beberapa penolakan dari beberapa negara seperti Yunani dan UNESCO karena kontroversi putusan ini, namun sejak 2020 Hagia sophia tetap difungsikan sebagai masjid hingga sekarang.

2. Ephesus, menikmati peninggalan reruntuhan kota tua Romawi di Turki

Tempat kedua kali ini yakni Ephesus yang merupakan reruntuhan kota tua Romawi yang berada di Turki. Reruntuhan kota ini awalnya merupakan kota bangsa Yunani kuno yang kemudian direbut oleh bangsa Romawi. Di tempat ini kita masih bisa melihat dengan jelas sisa-sisa peninggalan peradaban Romawi yang dikenal sebagai kekaisaran paling berkuasa pada masa lampau.

Tempat yang berada di provinsi izmir ini memiliki dua bangunan yang masih tersisa, yakni Celsus Library yang merupakan perpustakaan dan Grand Theatre sebagai arena pertunjukan bangsa Romawi. Dengan 2 peninggalan bangunan ini menjadikan Ephesus sebagai tempat wisata yang paling dicari-cari wisatawan saat berada di Turki.

Ephesus juga termasuk dalam Gereja Mula-mula atau juga dikenal dengan Asia kecil. Anda bisa menjelajahi 7 Gereja yang termasuk dalam Gereja Mula-mula bersama kami.

3. Topkapi Palace, istana megah kesultanan Ottoman

Selanjutnya tempat ketiga merupakan bangunan yang sudah berdiri sejak pertengahan abad ke-15 yakni Topkapi Palace. Topkapi Palace merupakan bangunan yang digunakan sebagai istana sekaligus pusat pemerintahan kesultanan Ottoman hampir 600 tahun lamanya sejak tahun 1465 hingga tahun 1856.

Bangunan yang terkenal dengan keindahan pada keramik dan kaligrafinya yang luar biasa megah. Meski demikian bangunan ini mulai memudar eksistensinya pada abad ke-17 karena sang sultan yang memerintah lebih suka tinggal di istana barunya. Kemudian setelah revolusi Turki pada 1921, bangunan istana ini dijadikan sebagai museum sejak 1924 sekaligus ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

4. Cappadocia, menikmati pemandangan yang indah dengan balon udara

Tak kalah indah dari ketiga tempat diatas, Cappadocia merupakan salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi saat berada di Turki. Cappadocia menyuguhkan pemandangan yang luar biasa bagaikan sedang berada di planet lain. Pemandangan lembah, dan juga perbukitan hingga pahatan-pahatan batu mendominasi tempat wisata di Turki ini.

Tempat wisata di Turki ini didukung dengan adanya fasilitas bangunan rumah, hotel, tempat ibadah, bahkan restoran di kawasan ini semuanya terbuat dari pahatan bebatuan. Selain itu, kita juga bisa menikmati keindahan dari Cappadocia melalui ketinggian menggunakan balon udara tersusun rapi dengan warna yang indah.

5. Bosphorus Bridge, sensai menyebrang antar benua

Yang terakhir yakni Bosphorus Bridge. Selain keindahan alam dan keindahan dari bangunan bersejarahnya. Turki juga memiliki jembatan yang unik dan langka kita jumpai di dunia. Bosphorus Bridge merupakan jembatan yang menghubungkan sisi Turki bagian Asia dengan sisi Turki bagian Eropa. Dengan menyebrangi jembatan ini kita akan merasakan sensasi menyebrangi 2 benua hanya dengan sebuah jembatan yang membentang luas diatas selat Bosphorus.

Nah itu dia beberapa tempat yang wajib kamu kunjungi saat berada di Turki. Namun tidak hanya kelima tempat tersebut yang bisa menjadi rekomendasi tempat wisata anda ketika berlibur di Turki. Masih terdapat banyak tempat wisata di Turki seperti keramaian di Istiklal Street, bersantai di Taksim Square, dan berbelanja oleh-oleh di Grand Bazaar yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar dan tertua di dunia. Terima kasih telah membaca artikel ini.

HH Tour and Travel

Jadi banyak bangsa dan suku-suku bangsa yang kuat akan datang mencari TUHAN semesta alam di Yerusalem dan melunakkan hati TUHAN.

Recent Posts

Sungai yordan Israel

Sungai Yordan Israel adalah sungai yang merupakan sebagian batasan antara Israel dan Yordania. Menurut catatan…

7 days ago

Gereja Makam Kudus

Gereja Makam Kudus mempunyaI arsitektur yang unik dan menarik. Gereja ini menggunakan model arsitektur kubah,…

2 weeks ago

Tetap Sehat saat Traveling

Sobat HH Tour sudah punya rencana untuk traveling? Jika iya, tenang saja, Sobat HH Tour…

2 weeks ago

10 Tempat Wisata Terbaik di Uni Emirat Arab

Meski wilayahnya terkenal hanya padang pasir yang membentang, namun terdapat 10 tempat wisata terbaik di…

3 weeks ago

Negara yang Sudah buka untuk liburan

Setelah sekian lama beberapa negara menutup diri untuk wisatawan karena pandemi Covid-19. Kini, seiring dengan…

1 month ago

Sejarah Piramida Giza

Piramida merupakan sebuah konstruksi bangunan yang sudah ada sejak dahulu kala pada abad sebelum masehi.…

1 month ago

This website uses cookies.