Categories: Ziarah holyland

Fakta dan Sejarah Laut Mati

Siapa di sini Sobat HH Tour and Travel yang tidak tahu Laut Mati? Hal itu sangat tidak mungkin karena Laut Mati terkenal dengan segala mukjizat yang diberikan oleh Tuhan. Karena airnya dapat membuat semua benda mengapung dan tidak akan tenggelam, termasuk manusia.

Laut Mati atau biasa disebut dengan “The Dead sea”, tempat ini merupakan salah satu tempat yang akan sahabat kunjungi saat bergabung dalam paket ziarah holyland. Laut Mati bisa dikatakan sebagai salah satu fenomena alam yang tidak bisa ditemukan di tempat manapun di dunia. Laut Mati merupakan sebuah danau yang terbentang dan dikelilingi oleh negara Palestina, Yordania dan Israel. Danau ini termasuk tempat terendah di dunia dengan ketinggian hingga 417,5 m atau 1.300 kaki di bawah permukaan laut dan ini termasuk titik terendah di bumi.

 

Sejarah Laut Mati

 

 

Nama Laut mati diberikan bukan tanpa alasan. Kandungan garam yang sangat tinggi sehingga tidak ditemukan makhluk hidup di dalam air inilah yang membuat danau ini diberi nama Laut Mati.

Kandungan garam yang terdapat di dalam air Laut Mati bisa mencapai 33,7%, sedangkan kandungan rata–rata garam yang ada di laut seluruh dunia yaitu 3,5%. Laut Mati tidak terlepas dari sejarah bagi agama Kristen dan agama Islam. Laut Mati banyak ditulis pada Perjanjian Lama namun dengan menggunakan bahasa Ibrani yaitu “Yam ha-Melah” yang berarti Laut Garam atau Laut Asin.

Di dalam sebuah prosa Laut Mati disebut sebagai “Yam ha-Māvet” yang artinya Laut Kematian karena tidak adanya makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. Selain itu masih ada banyak nama untuk Laut Mati seperti Laut Asphaltite (Yunani), Laut Timur, Laut Zoar, dan Laut Araba.

 

Laut Mati Secara Geologi

Secara geologi Laut Mati terbentuk tiga juta tahun yang lalu ketika timbul retakan kecil pada lembah sungai Yordan (Jordan Riff Valley). Di mana air laut masuk dan terkumpul, iklim kering dan evaporasi tinggi meningkatkan konsentrasi mineral dalam air garam, kapur dan gipsum.Terdapat pada sepanjang retakan ini dan membentuk danau dengan kandungan garam tertinggi.

Sejak dulu, material yang terdapat dalam Laut Mati diketahui mempunyai efek untuk mempercantik kulit. Dengan mengoleskan lumpur ini ke tubuh, mineral yang terkandung di dalamnya terbukti dapat memperbaiki kulit, melancarkan sirkulasi darah dan dapat membantu kesehatan.

Hal ini sudah lama diketahui oleh Raja Salomo, Cleopatra dan Herodes Agung sehingga mereka mendatangi Laut Mati untuk memperoleh efek tersebut.

Selain memiliki sejarah Laut Mati pun memiliki beberapa fakta menarik untuk Anda kunjungi di antaranya adalah sebagai berikut.

Fakta Tentang Laut Mati

 

1. Laut Mati ternyata adalah sebuah danau

Laut Mati ternyata adalah sebuah danau karena terletak pada dataran titik terendah bumi. Laut Mati sangat terkenal karena airnya yang dapat membuat semua benda mengapung, termasuk manusia.

Jadi buat para Sobat HH Tour and Travel yang tidak bisa berenang jangan khawatir jika kalian mengunjungi tempat ini.

 

2. Tempat terendah di dunia

Tempat ini adalah tempat terendah di dunia dengan ketinggian 417,5 meter DPL atau setara dengan 1300 kaki di bawah permukaan laut. Laut ini terletak di atas sebuah lembah di antara perbatasan wilayah Israel  dan Yordania.

 

3. Mempunyai mukjizat

Kandungan garam yang terdapat di dalam air Laut Mati bisa mencapai 33,7%, sedangkan kandungan rata-rata garam yang ada di laut seluruh dunia yaitu 3,5%. Hal ini membuat Laut Mati berbeda dengan laut lainnya, yang materialnya dapat diketahui mempunyai efek untuk mempercantik kulit. Dengan mengoleskan lumpur ini ke tubuh, mineral yang terkandung di dalamnya terbukti dapat memperbaiki kulit, melancarkan sirkulasi darah dan dapat membantu kesehatan.

 

4. Memiliki udara yang bersih

Udara di sekitar Laut Mati termasuk udara yang bersih. Tidak terdapat polusi ataupun binatang dan tumbuhan penyebab alergi sehingga sangat baik untuk penderita asma sekalipun.

 

5. Menyusut 1 Meter di setiap tahunnya

Berdasarkan jurnal Environmental Economics tahun 2010 menjelaskan jika Laut Mati mulai menyusut dan proses penyusutan tersebut mencapai 1 meter setiap tahunnya.

 

Berikut adalah sejarah dan fakta tentang Laut Mati yang dapat kami sampaikan kepada sahabat HH tour and travel. Jika Anda tertarik mengunjungi Laut Mati kami memiliki beberapa paket Holyland tour israel  yang bisa Anda nikmati seperti di bawah ini.

Nama paket Biaya paket
Journey to holylandHubungi kami
Holyland pilgrimage tourHubungi kami
Casa loma holylandHubungi kami
Unforgettable holyland tourHubungi kami

Atau jika Anda sobat HH Tour and Travel penasaran dengan detail paket kami. Silakan kunjungi halaman di bawah ini.

Paket holyland tour

paket ziarah israel

HH Tour and Travel

Jadi banyak bangsa dan suku-suku bangsa yang kuat akan datang mencari TUHAN semesta alam di Yerusalem dan melunakkan hati TUHAN.

Share
Published by
HH Tour and Travel

Recent Posts

Jasa Corporate Travel Jakarta Profesional dan Terlengkap

Melakukan perjalanan bisnis tentu punya target dan tujuan yang hendak dicapai. Tuntutan target ini yang…

3 weeks ago

Paspor Hilang Saat Di Luar Negeri? Coba Lakukan Ini

Paspor menjadi salah satu dokumen wajib ketika kita melakukan perjalanan ke luar negeri. Dokumen inilah…

2 months ago

Apa itu Staycation dan Tips Memilih Hotel untuk Staycation

Staycation setahun belakangan ini semakin menjadi pilihan banyak orang yang ingin menghilangankan kepenatan dan juga…

3 months ago

Makanan Tradisional Korea yang Wajib Anda Dicicipi

Korea menjadi salah satu negara impian banyak orang untuk berlibur. Pasti Anda juga inginkan? Merasakan…

3 months ago

Rekomendasi Liburan Akhir Tahun

Hallo Sobat HH Tour. Liburan akhir tahun apakah sudah punya rencana? Jika ingin berpergian keluar…

3 months ago

Taman Getsemani

Getsemani, dalam bahasa Yunani Gesthēmani, dan bahasa Ibrani, Aram Gat Šmānê yang merupakan sebuah taman…

4 months ago

This website uses cookies.