Categories: Tips & Trik

Perbedaan Tiket Domestik dan Internasional yang Perlu Diketahui

Untuk Anda yang suka bepergian dengan pesawat, baik itu untuk liburan atau juga untuk keperluan perjalanan bisnis pasti sudah tidak asing lagi dengan tiket pesawat. Tapi apakah Anda tahu perbedaan tiket domestik dan internasional, atau apakah Anda tidak pernah sadar kalau mereka memiliki perbedaan? Mari kita bahas dalam artikel kali ini!

Perbedaan Tiket Domestik dan Internasional

Tiket pesawat punya peran penting dimana digunakan sebagai perlengkapan kebutuhan perjalanan, bukti pembayaran, dan bukti mendapatkan pelayanan dan fasilitas angkutan udara. 

Perlu kamu ketahui, tiket pesawat sendiri memiliki banyak jenis, dan salah satunya adalah tiket domestik dan internasional. Kedua tiket ini memiliki perbedaan yang mungkin tidak Anda sadari. 

Perbedaan sederhananya adalah tentu saja, wilayah operasional. Untuk tiket domestik tiket yang diperuntukan untuk penerbangan komersial dalam negeri atau yang dikenal juga dengan penerbangan domestik. Sementara, untuk tiket internasional adalah tiket penerbangan komersial antar negara di mana harus dilakukan di bandara internasional.

Selain wilayah operasional, yang paling membedakan antara tiket domestik dan internasional adalah dari segi harga. Perbedaan tiket domestik dan internasional dari segi harga bisa terbilang cukup jauh perbedaannya. Tiket internasional disebutkan memiliki harga yang relatif lebih murah daripada tiket domestik. 

Sebagai contoh untuk Anda, harga tiket dari Jakarta menuju Yogyakarta paling murah adalah seharga Rp500.000 sedangkan, tiket Jakarta ke Singapura paling murah adalah Rp250.000

Hal ini sendiri bukan tanpa sebab, setidaknya, ada 3 alasan yang membuat mengapa tiket domestik bisa memiliki perbedaan harga yang tinggi dari tiket internasional.

1. Segi marketing yang berbeda

Para maskapai internasional menggunakan bauran produk, dan harga yang sangat dalam. Maskapai internasional bisa memberikan tiket promo gimmick satu rupiah atau satu dolar dengan seat terbatas. 

Misalnya, ada maskapai yang menjual tiket internasional Aceh- Kuala Lumpur- Jakarta seharga Rp700.000. Namun jumlah seat yang disediakan untuk harga tersebut terbatas.

Perbedaan tiket domestik dan internasional dalam metode tarif inilah yang membuat mengapa tiket internasional bisa lebih terjangkau. Sedangkan untuk tiket domestik, maskapai memajang harga tanpa adanya gimmick tiket. Harga tersebut tersedia untuk jumlah seat yang banyak, tidak terbatas.

Selain dari adanya gimmick tarif, beberapa negara juga menetapkan insentif untuk para maskapai yang mendarat di negaranya. Hal ini tentu karena maskapai dianggap membawa turis ke negara tersebut. 

2. Adanya PPN

Perbedaan tiket domestik dan internasional dari segi tarif kedua adalah adanya PPN sebesar 10%. Untuk tiket internasional, tidak diberlakukan pajak semacam PPN. Dengan tidak adanya PPN seperti ini, jelas membuat harga tiket internasional bisa lebih murah.

Dari sinilah juga mengapa frekuensi penerbangan internasional lebih tinggi. 

3. Peminat yang tinggi

Hal ini tidak bisa dipungkiri, untuk tiket domestik mempunyai peminat yang lebih tinggi daripada tiket internasional. Namun besarnya peminat tersebut tidak diimbangi dengan jumlah ketersediaan maskapai dengan jadwal besar. Tidak seperti di luar negeri di mana  maskapai dengan jadwal besar bisa tersedia banyak.

Membeli Tiket untuk perjalanan bisnis

Sebagai pekerja di era ini saat ini, bukan rahasia lagi jika mempunyai mobilitas yang tinggi. Sehingga mengharuskan melakukan perjalanan bisnis baik itu domestik dan internasional. Kebutuhan layanan jasa pemesanan tiket yang cepat dan mudah pun tidak bisa dilepaskan. Dimana layanan tersebut harus bisa Anda andalkan di berbagai situasi dan kondisi, seperti saat  Anda membutuhkan pemesanan tiket mendadak, pemesanan tiket di hari libur, dan juga layanan 24 jam yang selalu tersedia. 

Semua kebutuhan tiket untuk perjalanan bisnis tersebut bisa Anda dapatkan bersama jasa HH Tour And Travel. Tidak hanya menyediakan tiket pesawat untuk domestik dan internasional tapi juga jasa lainnya yang membuat perjalanan dinas Anda lebih efektif dan efisien. Seperti pemesanan hotel rental mobil, layanan bandara, asuransi perjalanan dan masih banyak lainnya.

Untuk masalah harga, Anda tidak perlu khawatir, karena untuk jasa korporasi, HH Tour and Travel menawarkan limited credit yang bisa dinegosiasikan. Tidak ada lagi alasan telat pesan tiket atau permasalahan lainnya ketika ingin melakukan perjalanan bisnis.

 

HH Tour and Travel

Jadi banyak bangsa dan suku-suku bangsa yang kuat akan datang mencari TUHAN semesta alam di Yerusalem dan melunakkan hati TUHAN.

Recent Posts

5 Langkah Agar Perjalanan Bisnis Efektif untuk Pemula

Sebuah perjalanan tentu harus dilakukan dengan rencana yang matang. Tidak terkecuali perjalanan bisnis. Mulai dari…

2 months ago

Keuntungan Menggunakan Jasa Corporate Travel untuk Bisnis Trip

Melakukan perjalanan bisnis tentu punya target dan tujuan yang hendak dicapai. Tuntutan target ini yang…

3 months ago

Paspor Hilang Saat Di Luar Negeri? Coba Lakukan Ini

Paspor menjadi salah satu dokumen wajib ketika kita melakukan perjalanan ke luar negeri. Dokumen inilah…

4 months ago

Apa itu Staycation dan Tips Memilih Hotel untuk Staycation

Staycation setahun belakangan ini semakin menjadi pilihan banyak orang yang ingin menghilangankan kepenatan dan juga…

5 months ago

Makanan Tradisional Korea yang Wajib Anda Dicicipi

Korea menjadi salah satu negara impian banyak orang untuk berlibur. Pasti Anda juga inginkan? Merasakan…

5 months ago

Rekomendasi Liburan Akhir Tahun

Hallo Sobat HH Tour. Liburan akhir tahun apakah sudah punya rencana, sedang mencari rekomendasi libur…

6 months ago

This website uses cookies.