Israel adalah salah satu negara di Timur Tengah yang berbatasan dengan Jordania, Suriah, Lebanon, Mesir dan gurun pasir Sinai. Israel menjadi satu-satunya negara Yahudi di dunia. Di Israel juga terdapat beberapa etnis yang hidup berdampingan dengan damai, seperti etnis Arab yang berkewarganegaraan Israel, beserta kelompok-kelompok keagamaan lainnya, mulai dari Muslim, Kristen, Druze, Samaria, dan lain sebagainya. Selain fakta tersebut ada beberapa Fakta Israel lainnya yang mungkin belum banyak diketahui. Apa sajakah itu?

Fakta Israel

Ada beberapa hal menarik tentang Israel yang selama ini jarang dibicarakan. Mulai dari kebudayaan, makanan lokal, hingga tempat-tempat ziarah yang sering dikunjungi oleh peziarah dari seluruh dunia. Berikut ini fakta Israel yang menarik untuk diketahui:

 

1.Tempat Ribuan Situs Arkeologi

Daratan Israel kuno disebut memiliki ribuan situs arkeologi. 2000 diantaranya ditemukan di kota Yerusalem. Kota lama juga termasuk sebagai situs warisan budaya UNESCO pada tahun 1981, sekaligus menjadi salah satu situs warisan budaya yang terancam bahaya.

2. Ibu Kota Yerusalem Punya Sejarah Panjang

Yerusalem menjadi kota suci bagi tiga agama, Islam, Yahudi, Kristen. Di seluruh Alkitab, Yerusalem disebutkan lebih dari 800 kali. Ada banyak ayat di Alkitab yang membahas tentang Yerusalem, sebab di kota inilah banyak banyak peristiwa-peristiwa besar terjadi.

Tanah Yerusalem juga disebut sebagai tanah yang dijanjikan oleh tuhan untuk Abraham dan keturunannya. Tuhan juga berjanji bahwa keturunan keempatnya akan kembali dari Mesir ke Tanah Perjanjian, pada saat kejahatan orang Amori (bangsa-bangsa asli Tanah Kanaan) sudah lenyap (Kejadian 15:13-16).

fakta israel-jerusalem

Yerusalem telah berkembang pesat melampaui kota lama. Menurut Alkitab, Raja Daud merebut kota ini dari Suku Yebus dan menjadikannya sebagai Ibu Kota Israel pada tahun 1070 SM. Tempat pertama yang berhasil direbut oleh Raja Daud adalah bukit Sion yang juga disebut kota Daud.

Raja Salomo, putra dari Raja Daud kemudian memerintahkan pembangunan bait pertama. Setelahnya, bangsa Israel terbagi menjadi dua bagian. Yerusalem tetap menjadi ibukota Kerajaan Yehuda di selatan.

Dalam bahasa Arab, nama populer untuk Yerusalem adalah Al-Quds, yang artinya Kota Kudus. Nama yang tercantum dalam peta-peta modern tentang Israel adalah Yerushalayim.

3. Letak Laut Mati dengan Titik Terendah

Laut mati (dead sea) terbentang di dua negara yaitu Jordania dan Israel. Disebut sebagai titik terendah bumi, laut mati di negara Israel ternyata adalah titik paling rendah di permukaan bumi. Terletak pada 1.315 kaki dibawah permukaan laut dan satu-satunya laut terasin di dunia.

Dengan tingkat keasinan 33% Anda tidak perlu takut untuk tenggelam. Lumpur laut mati juga terkenal dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, dan telah banyak juga dijadikan sebagai kosmetik yang dapat Anda beli ketika berkunjung ke Israel.

fakta israel-laut mati

4. Lokasi Gereja Makam Kudus

Gereja Makam Kudus (Holy Sepulchre) menjadi salah satu tempat paling suci bagi umat Kristen di Israel. Gereja ini terletak di Yerusalem, tempat di mana Yesus wafat dan dibangkitkan kembali. Para peziarah dapat berjalan menyusuri Via Dolorosa, lokasi Yesus berjalan untuk terakhir kali sebelum disalibkan.

fakta israel-gereja makam kudus

Itulah beberapa Fakta Israel yang mungkin tidak pernah Anda ketahui. Jika ingin lebih jelas mengenal negara Israel, Anda bisa bergabung bersama paket ziarah Holyland bersama kami HH Tour & Travel. Dengan beragam pilihan paket dengan pembimbing rohani terbaik siap menjadikan perjalanan Anda menyusuri Tanah Perjanjian berkesan dan tidak terlupakan.