Categories: Tips & Trik

Apa itu Staycation dan Tips Memilih Hotel untuk Staycation

Staycation setahun belakangan ini semakin menjadi pilihan banyak orang yang ingin menghilangankan kepenatan dan juga menjadi alternatif yang tepat ketika ada pembatasan wilayah dan rumitnya mengurus dokumen untuk bepergian. Walau sudah tidak asing didengar, tapi ternyata masih banyak yang tidak tahu sebenarnya apa itu staycation. 

Dalam artikel kali ini, kami akan kasih tahu pada Sobat HH Tour semua, sebenarnya apa sih itu staycation, dan tips dalam memilih hotel untuk staycation.

Apa itu Staycation

Sebenarnya, staycation sendiri sudah dikenal di Indonesia sejak 2010-an. Tapi saat itu belum terlalu banyak diminati, barulah memasuki tahun 2018, staycation semakin booming dan banyak peminatnya terutama di kota-kota besar.

Namun, apa sebenarnya staycation itu sendiri?

Staycation berasal dari dua kata bahasa Inggris yaitu stay dan vacation. Stay bisa diartikan dengan “tinggal”, sedangkan vacation diartikan dengan” liburan”. Dari kedua kata ini digabungkan dan dapat diartikan secara sederhana sebagai liburan dengan tinggal menetap di suatu tempat.

Di Amerika sendiri, staycation sudah menjadi trend sejak 2003, lho! 

Umumnya hotel, apartment, vila, menjadi pilihan favorit unyuk melakukan staycation di Indonesia. Melakukan staycation dianggap mampu memberikan suasana baru yang berbeda daripada hanya berdiam diri di rumah. Staycation kerap dijadikan sebagai pilihan weekend gateaway bersama teman atau keluarga untuk sejenak berlibur. 

Alasan Staycation Menjadi Pilihan

Saat Covid-19 dimana terjadi pembatasan orang untuk bepergian, staycation kian populer dan menjadi pilihan. Apa saja sebenarnya yang menjadi alasan staycation menjadi pilihan?

1. Perencanaan yang lebih mudah

Merencanakan staycation lebih mudah daripada liburan konvensional. Anda hanya cukup memesan kamar hotel tanpa perlu memusingkan itinerary.

2. Harga lebih terjangkau

Salah satu pertimbangan ketika ingin berlibur adalah biaya, nah staycation bisa menjadi jalan keluar untuk masalah biaya karena jauh lebih terjangkau. Anda tidak perlu memikirkan biaya untuk tiket perjalanan, tiket masuk tempat wisata, dan biaya lainnya. Biaya yang perlu Anda keluarkan hanyalah biaya untuk akomodasi.

3. Tidak memakan banyak waktu

Staycation bisa menghindari Anda dalam perjalan jauh yang melelahkan. Dan yang terpenting, untuk melakukan staycation Anda tidak perlu menunggu waktu libur panjang. Memanfaatkan waktu libur akhir pekan juga bisa.

Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Staycation

Agar kegiatan staycation menyenangkan seperti yang diharapkan, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika memilih hotel seperti berikut ini:

1. Pilih lokasi yang paling strategis

Saat memutuskan staycation, tidak ada salahnya Anda mengeksplorasi tempat sekitar sebelum memutuskan memesan hotel. Cobalah cari tahu apakah disekitar hotel ada tempat wisata kuliner yang menarik untuk dicoba, atau bisa juga tempat wisata seperti taman atau museum.

Tapi, jika Anda ingin menikmati suasana yang sedikit sepi, bisa memilih hotel dipinggiran kota.

2. Fasilitas yang tersedia

Cobalah cek fasilitas yang disediakan hotel. Terlebih jika Anda memutuskan untuk bersantai-santai saja di hotel tanpa pergi kemana-mana. Cari tahu fasilitas seperti kolom renang, pusat kebugaran, taman, dan fasilitas lainnya yang mendukung kegiatan Anda.

Selain itu juga sangat penting untuk mengetahui apakah hotel menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku.

3. Jangan segan melihat review hotel

Terkadang kita terkesima dengan foto-foto hotel yang diperlihatkan. Coba pastikan apakah yang tampak pada foto sama dengan aslinya dengan membaca review. Cek pendapat dan komentar para tamu para tamu sebagai bahan pertimbangan. 

4. Bawa perlengkapan secukupnya

Jangan samakan staycation dengan liburan ke luar kota atau perjalanan jauh sehingga Anda perlu membawa banyak barang. Karena staycation, sebagian waktu Anda hanya dihabiskan di kamar sehingga yang dibutuhkan adalah baju ganti. 

Gimana, apakah sekarang Sobat HH Tour sudah paham dengan apa itu staycation? Jika Sobat HH Tour punya rencana untuk melakukan staycation dalam waktu dekat, rencanakan pemesan hotel bersama HH Tour And Travel.

HH Tour and Travel

Jadi banyak bangsa dan suku-suku bangsa yang kuat akan datang mencari TUHAN semesta alam di Yerusalem dan melunakkan hati TUHAN.

Recent Posts

Perbedaan Tiket Domestik dan Internasional yang Perlu Diketahui

Untuk Anda yang suka bepergian dengan pesawat, baik itu untuk liburan atau juga untuk keperluan…

4 weeks ago

5 Langkah Agar Perjalanan Bisnis Efektif untuk Pemula

Sebuah perjalanan tentu harus dilakukan dengan rencana yang matang. Tidak terkecuali perjalanan bisnis. Mulai dari…

2 months ago

Keuntungan Menggunakan Jasa Corporate Travel untuk Bisnis Trip

Melakukan perjalanan bisnis tentu punya target dan tujuan yang hendak dicapai. Tuntutan target ini yang…

3 months ago

Paspor Hilang Saat Di Luar Negeri? Coba Lakukan Ini

Paspor menjadi salah satu dokumen wajib ketika kita melakukan perjalanan ke luar negeri. Dokumen inilah…

4 months ago

Makanan Tradisional Korea yang Wajib Anda Dicicipi

Korea menjadi salah satu negara impian banyak orang untuk berlibur. Pasti Anda juga inginkan? Merasakan…

5 months ago

Rekomendasi Liburan Akhir Tahun

Hallo Sobat HH Tour. Liburan akhir tahun apakah sudah punya rencana, sedang mencari rekomendasi libur…

6 months ago

This website uses cookies.