Categories: Perjalanan Liburan

10 Tempat Wisata Terbaik di Uni Emirat Arab

Meski wilayahnya terkenal hanya padang pasir yang membentang, namun terdapat 10 tempat wisata terbaik di Uni Emirat Arab. Uni Emirat Arab atau yang sering kita dengan UEA sendiri merupakan sebuah negara federasi dari 7 wilayah Emirat. Emirat yang dimaksud merupakan sebuah wilayah yang memiliki otoritas seperti provinsi. Ketujuh wilayah Emirat yang dimaksud meliputi Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras Al-Khaimah, Sharjah dan Umm Al-Qaiwain. Ibu kota dari UAE sendiri berada di Abu Dhabi, namun Dubai justru menjadi penyandang kota terbesar di Uni Emirat Arab.

Uni Emirat Arab juga terkenal akan kekayaan minyak bumi yang melimpah. Didukung dengan letak geografisnya yang dikelilingi teluk Oman dan teluk Persia, menjadikan Uni Emirat Arab memiliki daerah strategis yang dijadikan tempat persinggahan ekspor maupun impor minyak dunia.

Sejarah Singkat Uni Emirat Arab

Selain terkenal sebagai negara penghasil minyak. Uni Emirat Arab juga memiliki sejarah yang panjang. Perjalanan sejarah di tanah Uni Emirat Arab dimulai sejak zaman neolitikum pada 5500 SM, di mana sudah terdapat pemukiman. Bahkan pemukiman tersebut sudah menjalin hubungan perdagangan dengan orang Persia. Selain telah terjadi perdagangan melalui jalur darat, perjalanan laut di wilayah Uni Emirat Arab sudah lama digunakan untuk menuju pelabuhan penting Omana dan kemudian ke India. Rute ini adalah sebuah alternatif untuk rute Laut Merah yang digunakan juga oleh Kekaisaran Romawi.

Sebelumnya, wilayah Uni Emirat Arab masih terbagi sebagai kerajaan masing-masing. Kemudian Pada tahun 1971, enam dari negara-negara bagian ini, yakni Abu Dhabi, Ajman, Fujairah, Sharjah, Dubai, dan Umm al-Qaiwain bergabung untuk mendirikan Uni Emirat Arab. Setelah itu pada tahun 1972, Ras al-Khaimah menyatakan bergabung dengan Uni Emirat Arab.

10 tempat wisata terbaik di Uni Emirat Arab yang wajib kamu kunjungi

Saat ini, Uni Emirat Arab menjadi salah satu destinasi impian dari banyak orang. Lantas tempat wisata apa yang bisa kita nikmati di negara ini. Berikut daftar 10 tempat wisata terbaik di Uni Emirat Arab.

1. Burj Khalifa

Meski wilayahnya yang diselimuti oleh padang pasir, namun dengan kekayaan yang dihasilkan minyak buminya membuat Uni Emirat Arab dapat membangun negaranya dengan indah. Menara Burj Khalifa merupakan bukti keseriusan Uni Emirat Arab membangun infrastrukturnya. Menara yang sekaligus menjadi menara tertinggi di dunia ini menjadi spot incaran para wisatawan yang berkunjung ke Uni Emirat Arab. Dengan menaiki bangunan ini sampai ke puncaknya, kita dapat menikmati keindahan gemerlap kota dubai yang indah.

Selain menjadi bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa memiliki konstruksi yang indah. Selain bentuk konstruksinya yang memanjakan mata, Burj Khalifa memiliki konstruksi yang terbilang luar biasa, dimana menara tertinggi ini berdiri di atas hamparan padang pasir yang tanahnya tidak bisa diprediksi. Oleh karena itu banyak dari wisatawan yang menjadikan Burj Khalifa sebagai tujuan utamanya saat berkunjung ke Uni Emirat Arab.

2. Burj Al-Arab

Selain Burj Khalifa yang menjadi bangunan menara tertinggi di dunia, Uni Emirat Arab juga memiliki hotel tertinggi di dunia. Burj Al- Arab merupakan hotel bintang tujuh yang termasuk hotel tertinggi di dunia ini. Selain itu bangunan ini telah lama menjadi ikon kota Dubai. Struktur hotel ini menyerupai layar yang menjulang dengan tinggi sekitar 321 meter di atas permukaan laut.

3. Palm Jumeirah

Tidak hanya berhasil menyulap hamparan padang pasir menjadi kota yang indah dan mewah, Uni Emirat Arab juga mampu menyihir wilayah lautannya menjadi lebih indah. Palm Jumeirah merupakan proyek reklamasi yang dilakukan pemerintah Uni Emirat Arab melalui perusahaan milik negara. Nama Palm Jumeirah sendiri diambil dari bentuk reklamasinya yang jika dilihat dari atas menyerupai pohon palem, sedangkan jumeirah diambil dari nama daerah pulau reklamasi ini berada yakni Jumeirah.

Palm Jumeirah sendiri menjadi destinasi favorit wisatawan yang sedang berkunjung ke Uni Emirat Arab, karena di atas reklamasi ini terbangun apartemen-apartemen, hotel, dan restoran yang fantastis akan kemewahannya. Dihubungkan dengan terowongan bawah laut, Palm Jumeirah menjadi tempat premium yang wajib anda kunjungi saat berada di Uni Emirat Arab.

4. Ski Dubai

Sekilas mendengar kata Uni Emirat Arab, tentu pikiran kita akan langsung tertuju kepada hamparan padang pasirnya. Tidak hanya berhasil menjadikan hamparan padang pasir menjadi perkotaan yang modern, Uni Emirat Arab bahkan berhasil menghadirkan arena SKI di dubai. Bahkan tidak hanya itu, SKI indoor pertama di dunia justru berada di Uni Emirat Arab.

Meski salju nya hanya sebatas salju buatan, namun tempat ini tetap menjadi tempat yang menarik dimana kita bisa menikmati liburan di hamparan padang pasir sekaligus berlibur di hamparan salju. Seakan tidak mau pasrah dengan alamnya yang dipenuhi pasir tandus, Uni Emirat Arab berhasil menjadikan negaranya menjadi lebih indah.

5. Dubai Creek

Dubai Creek merupakan sungai air asin kecil di kota Dubai yang memiliki sejarah dan perjalanan yang sangat penting. Sungai ini menjadi elemen penting dalam sejarah perdagangan Dubai yang menjadi satu-satunya pelabuhan di Dubai. Selain menjadi pelabuhan, sungai ini juga dijadikan sebagai tempat industri permata yang membentuk sektor ekonomi utama di Dubai. Perikanan, juga sebuah industri terpenting di waktu itu, juga didasarkan di sepanjang sungai, yang air hangat dan dangkalnya mendukung berbagai macam kehidupan laut.

Sungai yang menjadi saksi bisu perjalanan terbentuk dubai ini bisa anda nikmati sebagai tempat wisata saat berada di Uni Emirat Arab. Pada malam hari Anda masih dapat menjelajahi Dubai Creek dengan kapal pesiar tradisional dengan lampu-lampunya yang menyala indah. Anda dapat bersantai di dalam perahu atau kapal pesiar, sambil menikmati makan malam Anda.

6. Bastakia Quarter

Selain kota-kota maju dengan gedung yang tinggi dan mewah, di dubai juga terdapat tempat yang jauh dari kata mewah. Bastakia Quarter merupakan sebuah tempat di dubai yang suasana kota nya berbanding terbalik dari apa yang bisa kita lihat saat ini. Tempat yang dapat menunjukan suasana berbeda ketika anda mengunjungi Uni Emirat Arab.

Bastakia Quarter merupakan kota lama Dubai. Kota ini berisi bangunan-bangunan klasik khas timur tengah. Tidak hanya itu banyaknya museum yang ada di daerah Al Fahidi ini semakin membuat banyak wisatawan merasa tertarik sebab ada beragam museum unik yang akan menambah pengetahuan kita. Museum kopi, arsitektur Arab, perangko, koin dan lain sebagainya terdapat di kompleks pemukiman Arab kuno satu ini. Itulah yang menjadi alasan mengapa Bastakia adalah salah satu objek wisata yang bisa dijadikan favorit.

7. Naif Market

Masih jauh dari gemerlap kemewahan Uni Emirat Arab terdapat pasar tradisional yang khas dengan suasana timur tengah tempo dulu. Naif Market, pasar yang digemari para wisatawan. Di pasar ini kita dapat berbelanja barang dengan harga miring. Kebutuhan sandang apa saja ada di pasar ini dan dijual dengan harga murah yang pastinya tidak akan membuat kantong Anda kering. Oleh karena itu, tempat ini lebih disarankan bagi yang ingin membeli oleh-oleh.

8. Museum Dubai

Museum Dubai merupakan bangunan bekas benteng yang dibangun pada sekitar tahun 1799, bangunan benteng ini diyakini sebagai bangunan tertua di Uni Emirat Arab. Kini benteng bersejarah ini telah berubah fungsi menjadi Museum Dubai, yang menyuguhkan pameran tentang sejarah kota. Di dalam museum, Anda bisa melihat gambaran kehidupan sehari-hari masyarakat Dubai sebelum menemukan minyak. Terdapat pula galeri seni yang menampilkan replika rumah-rumah bersejarah Arab, masjid, pasar, peternakan, gurun dan kehidupan laut di negara ini.

9. Padang Pasir

Belum ke Timur Tengah kalau belum merasakan panasnya padang pasir. Wisata safari padang pasir dengan melewati bukit pasir Dubai dan Abu Dhabi adalah salah satu kegiatan yang populer. Bahkan, Anda pun bisa bermalam di tengah padang pasir jika Anda mau. Selain menjelajah padang pasir dengan menaiki unta, terdapat kegiatan lain yang tak kalah menarik, yaitu Dune Bashing.

Dalam kegiatan ini, Anda akan diajak berkendara mengelilingi padang pasir dengan mobil yang dikendarai oleh seorang sopir professional. Makan malam di dekat api unggun pun bisa menjadi kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di tengah bukit pasir ini.

10. Pulau Sir Bani Yas

Pulau yang terletak di sebelah barat Abu Dhabi ini merupaka pulau margasatwa yang di bangun oleh pemerintah Uni Emirat Arab. Di Pulau ini anda bisa melihat sejumlah satwa yang hidup dengan bebas. Hal ini berhasil menjadi daya tarik pulau ini. Konsep wisata pulau dan taman margasatwa tersebut merupakan gagasan dari Sheikh Zayed, yang merupakan mantan penguasa UEA.

Adapun tujuan pembangunan taman margasatwa di pulau ini yaitu untuk mengembang biakkan spesies asli beberapa jenis binatang yang terancam punah, di antaranya oryx Arab, rusa, cheetah dan hyena bergaris. Untuk mencapai pulau ini, Anda dapat menggunakan perahu.

Demikianlah rangkuman beberapa 10 tempat wisata terbaik di Uni Emirat Arabi yang perlu dicoba untuk dijelajahi. Semoga informasi mengenai tempat wisata di Uni Emirat Arab ini bisa bermanfaat bagi Anda yang akan berlibur di negara Timur Tengah tersebut.

HH Tour and Travel

Jadi banyak bangsa dan suku-suku bangsa yang kuat akan datang mencari TUHAN semesta alam di Yerusalem dan melunakkan hati TUHAN.

Recent Posts

Sungai yordan Israel

Sungai Yordan Israel adalah sungai yang merupakan sebagian batasan antara Israel dan Yordania. Menurut catatan…

7 days ago

Gereja Makam Kudus

Gereja Makam Kudus mempunyaI arsitektur yang unik dan menarik. Gereja ini menggunakan model arsitektur kubah,…

2 weeks ago

Tetap Sehat saat Traveling

Sobat HH Tour sudah punya rencana untuk traveling? Jika iya, tenang saja, Sobat HH Tour…

2 weeks ago

Tempat Wisata Wajib Dikunjungi Saat di Turki

Keindahan Turki menjadikannya sebagai salah satu negara yang ramai dikunjungi wisatawan mancanegara. Banyak sekali tempat-tempat…

1 month ago

Negara yang Sudah buka untuk liburan

Setelah sekian lama beberapa negara menutup diri untuk wisatawan karena pandemi Covid-19. Kini, seiring dengan…

1 month ago

Sejarah Piramida Giza

Piramida merupakan sebuah konstruksi bangunan yang sudah ada sejak dahulu kala pada abad sebelum masehi.…

1 month ago

This website uses cookies.